" Selamat datang di webblog SDN Temenggungan - Kecamatan Krejengan - Kabupaten Probolinggo "

Senyum Indah Pepsodent

“Mensana en Corporisano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, itulah semboyan dalam dunia kesehatan. Dan harus kita tanamkan pada anak didik kita sejak usia dini, agar mereka tahu betapa pentingnya arti sehat dalam kehidupan.

Kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting terutama pada anak-anak usia dini. Sesuai dengan program Pepsodent tentang “Menggosok gigi siang dan malam” yang telah disosialisasikan kepada setiap lembaga pendidikan tingkat Sekolah Dasar, maka dengan segera sekolah kami merealisasikan program tersebut kepada siswa-siswi kelas 1 dan 2.


Untuk langkah awal, bantuan berupa cawan, sikat gigi dan pasta gigi Pepsodent diberi nama masing-masing siswa, tujuannya siswa tahu pasta gigi, cawan dan sikat gigi masing-masing agar tidak tertukar dengan siswa yang lain. Setelah pemberian nama, langkah selanjutnya adalah pengarahan yang diberikan oleh guru penjaskes pada saat jam pelajaran penjas berlangsung. Adapun langkah-langkahnya :

1. Persiapan peralatan menggosok gigi (cawan, sikat, pasta, air, lap)

2. Guru memperagakan cara menggosok gigi yang benar

3. Siswa mempraktekkan menggosok gigi sesuai arahan guru

4. Guru membantu siswa yang masih salah cara menggosok gigi

5. Penilaian guru terhadap siswa

6. Membersihkan dengan cara mencuci peralatan menggosok gigi

7. Menyimpan peralatan menggosok gigi

8. Guru memberikan penguatan kepada agar kegiatan ini berlanjut di rumah


Pada saat kegiatan menggosok gigi berlangsung, tak luput dari kelucuan siswa. Diantaranya ada yang pada saat menggosok gigi menelan busa dari pasta gigi, ada yang pada saat berkumur menelan airnya, ada yang berceletuk “Pedas bu...!”. Ada-ada saja anak-anak ini…..

Comments :

0 komentar to “Senyum Indah Pepsodent”